Sistem Struktur Diagrid

Pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi lagi kawan mengenai penerapan sistem struktur diagrid pada gedung pencakar langit, mau tahu seperti apa sistem struktur diagrid itu kawan, silahkan disimak ya artikelnya.

Diagrid adalah desain untuk membangun bangunan besar dengan baja yang menciptakan struktur segitiga dengan balok pendukung diagonal. Ini adalah sistem balok triangulasi, lurus atau melengkung, dan cincin horizontal yang bersama-sama membentuk sistem struktural untuk pencakar langit. Serupa dalam ide dan eksekusi hingga momen khas semakin berevolusi.

Sistem Struktur Diagrid

Sistem diagrid menawarkan beberapa keuntungan selain menghilangkan kolom perimeter. Terutama mengoptimalkan setiap elemen struktural. Biasanya, kolom digunakan untuk menyediakan kapasitas pengangkut muatan vertikal, dan diagonal atau bracing memberikan stabilitas dan ketahanan terhadap kekuatan besar, seperti angin dan muatan seismik.

Konstruktif:

Seperti halnya penyimpangan dari teknik pembingkaian standar, constructability adalah isu penting dalam struktur diagrid. Teknik dan fabrikasi sendi lebih kompleks daripada struktur ortogonal yang menimbulkan biaya tambahan. Ketepatan geometri node koneksi sangat penting, sehingga menguntungkan untuk memaksimalkan fabrikasi toko untuk mengurangi kesulitan yang terkait dengan kerja lapangan dan ereksi geometri ganjil yang terkait dengan disain simpul.

Sistem Struktur Diagrid

Ada dua aliran pemikiran tentang kekakuan pembangunan simpul itu sendiri. Secara teori, jika merancang struktur 'truss like' yang murni seperti segitiga, pusat nodus tidak perlu kaku dan dapat dibangun sebagai sambungan engsel atau pin. Dimana ini dapat bekerja dengan baik untuk struktur simetris yang memiliki beban seimbang, struktur yang dilipat secara eksentrik memerlukan beberapa kekakuan pada simpul untuk membantu penyangga diri selama proses konstruksi. Dalam banyak proyek diagrid yang dibangun sampai saat ini, simpul telah dipreproduksi di dalam toko sebagai elemen kaku yang memungkinkan dilas di tempat, lebih mudah, dan tanpa memerlukan dukungan sementara sampai simpul berikutnya terpasang. . Karena jenis struktur ini lebih mahal untuk diolah, penghematan biaya harus direalisasikan jika ada tingkat pengulangan yang tinggi dalam perancangan dan pembuatan simpul. Pengurangan tenaga kerja di tempat kerja juga menurunkan biaya dan waktu.

Sistem Struktur Diagrid

Manfaat diagrid:

  • Kebanyakan kolom eksterior dan interiornya bebas
  • Pencahayaan harian yang murah karena kelangkaan kolom dan struktur interior
  • Mengurangi pemakaian baja Teknik konstruksi sederhana (meski harus disempurnakan)
  • Eksploitasi penuh bahan struktural
  • Desain serupa / toleransi konstruksi sebagai bingkai momen khas.
  • Rencana lantai yang bebas dan jelas dan unik mungkin dilakukan
  • Secara estetis mendominasi dan ekspresif
  • Redundansi dalam desain DiaGrid sudah jelas Redundansi inilah yang bisa mentransfer beban dari bagian struktur yang gagal ke yang lain
  • Kerusakan struktural dapat diminimalkan dalam desain DiaGrid
  • DiaGrid memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mendistribusikan ulang beban dari pencakar langit Moment Frame. 

 Bangunan yang memanfaatkan diagrid:
  
Sistem Struktur Diagrid
Capital Gate Tower - Abu dhabi

Sistem Struktur Diagrid
CCTV Tower - China
Sistem Struktur Diagrid
Swiss re headquarters - London
Sekian dulu artikel mengenai sistem struktur diagrid ini kawan, semoga artikelnya bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu pengetahuan kita pada bidang teknik sipil.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment