Gedung Dengan Desain Terbaik Di Indonesia

Indonesia sebagai salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia menjadi pangsa pasar yang sangat empuk untuk berbagai bisnis dari seluruh negara. Karena itulah berbagai perusahaan menjadikan Indonesia sebagai pusat bisnisnya, baik perusahaan lokal maupun yang berasal dari luar negeri. Inilah yang menyebabkan gedung-gedung bertingkat yang ditujukan sebagai perkantoran menjamur di Indonesia, terutama Jakarta.Membangun gedung ternyata bukan hanya sekedar urusan membuat ruang yang cukup besar untuk perkantoran, tapi juga bagaimana mendesain sebuah gedung agar mempunyai nilai lebih dalam hal estetika, sehingga enak dilihat mata. Berikut kami susun daftar Gedung dengan desain terbaik di Indonesia, dengan filosofinya masing-masing:

1. Gedung Soeman HS, Pekanbaru, Riau

Nama Soeman HS diambil dari nama pujangga kenamaan asal Riau, yang juga merupakan keturunan Tapanuli. Perpustakaan provinsi Riau ini juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan arsip nasional. Gedung ini terdiri dari 6 lantai, yang terdiri dari ruang baca dan ruang penyimpanan buku, auditorium, Bilik Budaya Melayu, kafe, Energy Corner dan lain sebagainya. Bilik Budaya Melayu menyimpan berbagai literatur yang berhubungan dengan budaya Melayu.
Arsitektur gedung ini terinspirasi dari bentuk meja kecil untuk membaca Al-Quran, yang dikenal juga dengan rehal. Hebatnya, gedung ini berhasil meraih penghargaan sebagai pustaka dengan desain terbaik di ASEAN, mengalahkan 19 nominasi lainnnya yang berasal dari delapan negara ASEAN. Dewan juri menganggap Gedung Pustaka Soeman HS ini berhasil memadukan karakter budaya lokal tanpa meninggalkan sisi modern dengan kualitas pembangunan yang dinilai mumpuni. Hal inilah yang membuat gedung ini termasuk dalam salah satu gedung terindah diIndonesia.

gedung terbaik di indonesia

2. Pusat Kepemimpinan WIKASatrian Indonesia

Gedung paling indah di Indonesia selanjutnya adalah milik kontraktor negara, WIKA, yang dikhususkan untuk pengembangan sumber daya manusia dan bersifat umum. Arsitekturnya sendiri banyak mengadopsi falsafah pewayangan Jawa, yang dapat dilihat dari penamaan bangunan-bangunannya, di antaranya Giri Sasana, Giri Wijaya, Giri Budaya, Giri Pustaka dan Giri Boga.
Salah satu gedung terindah di Indonesia ini menawarkan pemandangan ke tiga penjuru yang berbeda, antara lain Gunung Pangrango, Gunung Salak dan Gunung Geulis. Dengan lokasi begitu dekat dengan alam, pembangunan gedung ini diharapkan dapat mendekatkan para peserta latih dengan Tuhan, manusia dan alam sehingga dapat melahirkan para pemimpin yang berbudi luhur yang modern serta bercirikan kearifan Indonesia.

gedung terbaik di indonesia

3. The Breeze

Dirancang oleh seorang arsitek asal Amerika Serikat Jerde, The Breeze menampilkan konsep mal tanpa sekat dengan ruang terbuka hijau, atau dikenal juga dengan istilah open air lifestyle. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangnya, yaitu Sinar Mas Land, yang mengedepankan kelestarian lingkungan dalam perjalanan bisnisnya.
Sebagai sebuah mal, The Breeze menempatkan para penyewa di lima gedung terpisah yang terdapat di area terbuka tersebut. Selain menjadi salah satu gedung paling indah di Indonesia, The Breeze juga sempat masuk dalam nominasi Mipim Awards, yaitu yang memperlombakan gedung-gedung dengan desain terbaik di dunia. Di samping itu, The Breeze ternyata masuk sebagai salah dari 40 gedung lainnya untuk kategori Pusat Perbelanjaan Terbaik di dunia.

gedung terbaik di indonesia

4. Hotel Manhattan

Hotel berbintang lima yang terletak di kawasan segitiga emas di Jakarta Selatan ini menggabungkan desain dan arsitektur bergaya hotel-hotel di New York. Gedung ini diarsiteki oleh Denton Corker Mashall Architechs, firma arsitek asal Melbourne, Australia.
Jika tidak diperhatikan dengan baik, hotel ini terlihat seperti layaknya hotel kebanyakan. Tapi begitu kita alihkan pandangan ke atas, maka akan segera terlihat pemandangan yang sangat unik. Salah satu bagian teratas gedung tersebut terlihat seperti permainan Uno Stacko, yang salah satu baloknya sedang berusaha dikeluarkan dari susunannya. Hasilnya, beberapa lantai terlihat lebih menjorok keluar jika dibandingkan dengan lantai-lantai sekitarnya.

gedung terbaik di indonesia

5. Menara UOB Buana

Jika Hotel Manhattan terlihat seperti permainan Uno Stacko, maka UOB Buana yang berlokasi di Jalan Jendral Soedirman lebih terlihat seperti susunan lego. Bentuk gedung yang asimetris menjadi ciri khas gedung yang beralamat di Jalan MH Thamrin ini dengan banyak balok yang menonjol di banyak tempat.
Gedung dengan 44 lantai ini sebenarnya direncanakan untuk menjadi hotel, yang dalam perjalanannya akhirnya beralih fungsi menjadi gedung perkantoran. Warna jendela yang didominasi dengan warna biru tua menjadikan kawasan di Jalan MH Thamrin menjadi lebih segar dipandang mata.

gedung terbaik di indonesia

6. Menara Palma

Gedung paling indah di Indonesia selanjutnya berbentuk menyerupai huruf A. Menara berbentuk huruf A? Ya, itulah Menara Palma yang terletak di daerah Kuningan, Jakarta. Salah satu menaranya memiliki memiliki sudut kemiringan yang berbeda dan terlihat seperti sedang bersandar di menara lainnya.
Arsitek yang ditunjuk oleh pemiliknya, yaitu DCM, memiliki misi khusus. Mereka dituntut untuk dapat mendesain gedung yang mencerminkan manajemen modern dari perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan tersebut. Dengan desain yang unik tersebut, Menara Palma diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kaki langit kota Jakarta.

gedung terbaik di indonesia

7. Bakrie Towers

Gedung yang terletak di bilangan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta ini tergolong sebagai gedung perkantoran kelas premium dengan grade A+, dan menjadi salah satu gedung paling indah di Indonesia. Gedung yang dimiliki oleh Bakrie Group ini selesai dibangun pada tahun 2008 dengan tinggi gedung mencapai 210 meter.
Dikembangkan oleh PT Bakrieland Development, gedung ini sangat unik karena bentuknya yang terlihat meliuk-liuk, lebar serta asimetris. Twist style yang tidak wajar dan desainnya yang merupakan suatu interlock. Penggunaan kaca berwarna biru gelap turut membuat gedung ini terlihat sangat eksotis.

gedung terbaik di indonesia

8. The Crystal of Knowledge, Universitas Indonesia, Depok

Ini adalah perpustakaan yang terletak di kompleks Universitas Indonesia, Depok. Berlokasi di pinggir sebuah danau, perpustakaan seluas 2,5 hektar ini menampung lebih dari enam juta koleksi buku dari berbagai disiplin ilmu.

gedung terbaik di indonesia

9. Menara Phinisi, Universitas Negeri Makassar

Terletak di kompleks Kampus Universitas Negeri Makassar, gedung ini terinspirasi dari simbol khas masyarakat Bugis, yaitu perahu phinisi. Gedung ini juga memiliki nama lain yaitu Tellu Cappa yang artinya adalah tiga puncak.
Gedung dengan 17 lantai ini didesain oleh pemenang sayembara arsitektur gedung bernama Yu Sing. Konsep utamanya adalah pendalaman kearifan lokal yang dipadukan dengan pembangunan gedung modern masa kini.

gedung terbaik di indonesia

10. Bina Nusantara, Alam Sutera, Tangerang

Tidak mau kalah dari Universitas Indonesia, kampus Bina Nusantara pun membuat gedung perkuliahan yang juga mencerminkan semangat go green. Dengan membuat banyak jendela yang besar, salah satu Gedung Terindah di Indonesia ini bisa mengurangi penggunaan jumlah lampu yang cukup signifikan, terutama pada pagi dan siang hari. Gedung ini juga memiliki sistem penampungan air hujan yang baik. Hal ini diharapkan dapat membantu mengatasi krisis air tanah yang saat ini sudah mulai terasa dampaknya.

gedung terbaik di indonesia

Itulah beberapa gedung dengan desain terbaik di Indonesia menurut saya, dan tidak menutup kemungkinan beberapa tahun kemudian akan dibangun lagi gedung-gedung dengan desain yang lebih unik dan menarik. semoga artikel ini bermanfaat ya buat kita semua
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
087777784016
admin
February 21, 2018 at 1:08 PM ×

Kepada Yth
Kontractor / Suplier
Di Tempat
Perihal : Penjelasan Penawaran Bank Garansi Tanpa Agunan

Dengan Hormat,
Perkenal Kami dari PT. MEKARJATI JAYA LESTARI Nomor NPWP : 74.383.976.3-043.000, Perusahaan kami telah resmi di tunjuk untuk memasarkan produk Surety Bond & Bank Garansi tanpa Agunan), di mana Bank Garansi dan Asuransi yang kami tawarkan telah di terima di instansi Pemerintah maupun instansi Swasta, Untuk Bank BCA, BANK BII, BANK SinarMas, Bank BTN & BANK BNI, dll bisa kami terbitkan untuk semua jaminan tanpa agunan ( Non Collateral ) Tanpa Buka Rekening.

BANK GARANSI & ASURANSI ( Katagori Layanan Bisnis )

Sifat Dasar Usaha : MELAYANI PENERBITAN BANK GARANSI & ASURANSI TANPA AGUNAN ( NON COLLATRAL )

Penjelasan Ringkas!! Surety Bond & Bank Garansi adalah suatu bentuk penjaminan dimana Surety
( perusahaan asuransi) atau Bank ,menjamin Principal ( kontraktor/ vendor/ supplier) akan melaksanakan kewajiban atas suatu prestasi/ kepentingan kepada Obligee sesuai kontrak/ perjanjian antara Principal dan Obligee.

A. Jaminan Penawaran ( Bid Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal yang telah dinyatakan sebagai pemenang tender tidak bersedia menanda tangani kontrak atau tidak dapat menyerahkan jaminan pelaksanaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh Obligee. Nilai jaminan berkisar antara 1 % sd. 3 % dari harga penawaran

B. Jaminan Pelaksanaan ( Perfomance Bond) : Menjamin Obligee apabila
Principal yang telah menandatangani kontrak pelaksanaan kerja, mengundurkan diri atau memutuskan kontrak secara sepihak atau bersama sama dari kedua belah pihak yaitu antara Obligee dengan principal. Nilai jaminan berkisar antara 5 % sd. 10 % dari Nilai Proyek.

C. Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal tidak dapat mengembalikan atau memperhitungkan uang muka yang telah diterima pada awal kontrak kepada Obligee sampai dengan proyek selesai.Nilai jaminan berkisar antara 10 % sd. 30 % dari Nilai Proyek.

D. Jaminan Pemeliharaan ( Maintenance Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal tidak melaksanakan kewajibannya memperbaiki kerusakan yang terjadi setelah pelaksanaan pekerjaan selesai sesuai ketentuan dalam kontrak. Nilai jaminan berkisar antara 5 % sd. 10 % dari Nilai Proyek. PeriodeJaminan(Insurance Period) :

Jangka waktu Surety Bond sesuai dengan jangka waktu perjanjian / kontrak yang dibuat antara Penerima Jaminan (Obligee) dengan Terjamin ( Prinsipal)

E . LINES OF INSURANCE
I . Marine Cargo Insurance II. Marine Hull Insurance III. Personal Accident Insurance
IV. Engineering Insurance ( CAR, EAR, MB ) V. All Risk Insurance dll

Kami memberikan kemudahan Untuk Penerbit Jaminan Bank Gransi & Surety Bond , termasuk di luar pulau jawa, di antara nya SUMATRA, SULAESI, KALIMANTAN ,dll Sila kan Henghubungi Perusahaan kami.

PT. MEKARJATI JAYA LESTARI
Direktur : Adhy Jati Shantoso. SE
WA . 08. 77777 – 840 - 16
E-mail : mekarjati.direksi1@gmail.com , mekarjati.direksi@gmail.com
, Office : 021– 2983 3066 Fax : 021-2983 3067
Alamat : Gedung Kirana TWO, Lt 10 A , Jl. Boulevard Timur No. 88 , Kelapa Gading Jakarta Utara
: Jl. Haji Ten Raya No. 08 Kec. Kayu Putih Kel. Polo Gadung Jakarta Timur

Congrats bro 087777784016 you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment