Bendungan Terbesar Di Dunia

Pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai bendungan terbesar di dunia, silahkan disimak artikelnya ya kawan.
Banyak sekali fungsi yang bisa digunakan dengan di bangunnya bendungan ini. Beberapa bendungan juga terdapat di Indonesia seperti di Jatiluhur dan di Katulampa. Bendungan memang banyak fungsinya seperti mengurangi kemungkinan terjadinya banjir. Selain itu bendungan juga dapat dijadikan sumber air bersih dan pembangkit listrik dengan dibuatnya PLTA. Namun di dunia ini terdapat beberapa bendungan yang besar atau bahkan terbesar di dunia. 

Berikut ini adalah beberapa bendungan terbesar di dunia.
  1. Three Gorges Dam (China)
bendungan terbesar di dunia
Bendungan terbesar di dunia pertama yang akan kita bahas adalah bendungan berasal dari China yang bernama Three Gorges Dam yang artinya dalam Bahasa Indonesia Bendungan Tiga Ngarai. Bendungan yang memotong sungai Yangtze China ini memiliki panjang 2,3 km. Selain sebagai salah satu bendungan terbesar di dunia, ternyata bendungan ini juga menjadi PLTA terbesar di dunia. Pada pembangunan bendungan ini memang tak mulus secara non teknis karena banyak menuai pro dan kontra terutama dari kalangan ahli gologi , biologi, dan juga pemerhati lingkungan.
  1. Syncrude Tailings (Kanada)
bendungan terbesar didunia
Bendungan terbesar di dunia selanjutnya berada di Kanada. Bendungan ini terletak di Fort McMurray Alberta Kanada. Bendungan yang pada awalnya merupakan waduk bekas tambang minyak ini mempunyai kapasitas sebesar 540.000.000 meter kubik. Bendungan yang pada saat dikelola oleh sebuah perusahaan bernama Syncrude Kanada Ltd. Perusahaan yang bergerak dibidang ekstraksi minyak di Athabasca Oil Sands. Selain fungsi bendungan pada umumnya, ternyata bendungan ini mempunyai fungsi lain. Fungsi lain dari bendungan ini adalah sebagai tempat penyimpanan tailing atau sisa ekstraksi minyak dimana hal ini digunakan sebagai hasil sampingan dari ekstraksi minyak.
  1. Aswam Dam (Mesir)
Bendungan-Terbesar-di-Dunia
Selanjutnya bendungan yang berada di Mesir menjadi salah satu bendungan terbesar di dunia. Bendungan yang tepatnya berada di sungai Nil ini mempunyai fungsi utama sebagai penahan atau juga penghambat air yang berasal dari danau Nasser. Bendungan ini dibuat atas perintah Presiden Mesir bernama Gamal Abdel Nasser. Atas perintah presiden bendungan ini dibangun pada tahun 1960 hingga 1970. Dengan dibangunnya bendungan ini ternyata mempunyai dampak postif bagi para penduduk disekitarnya. Salah satu contoh manfaat dari dibangunnya bendungan ini adalah dapat mengatasi banjir karena terlindungnya aliran air dari sungai Nil. Contoh lainnya adalah banyak terbukanya lahan pertanian diareal bendungan ini.
  1. Fort Peck Dam (Amerika Serikat)
bendungan terbesar didunia
Fort Peck Dam adalah bendungan selanjutnya yang akan kita bahas. Bendungan ini adalah salah satu dari enam bendungan di sungai Missouri yang berada di kawasan timur laut Montana. Sebagai salah satu bagian dari New Deal bendungan ini mulai dibangun pada tahun 1933 atas ajuan dari presiden FD Roosevelt. Pada saat pembangunan bendungan ini memerlukan banyak orang sehingga sangat memungkinkan 11.000 buruh bisa mempunyai kerjaan dengan adanya proyek pembangunan bendungan ini. Fungsi dari bendungan ini adalah untuk mengatasi banjir dan pembangkit listrik.
  1. Tarbela Dam (Pakistan)
Tarbela-Dam
Bendungan yang juga dikenal sebagai Torabela atu juga Pashto disebut sebagai salah satu bendungan terbesar di dunia. Bendungan yang selesai pada tahun 1976 ini terletak di sungai Indus Pakistan. Sebagai salah satu bendungan terbesar di dunia, bendungan ini tentunya mempunyai fungsi untuk masyarakat disekitarnya.   Salah satu fungsi dari dibangunnya bendungan ini adalah untuk mengendalikan banjir dan sebagai sumber tenaga listrik. Uniknya dari bendungan ini adalah airnya yang alami berasal dari alam.
  1. Mangla Dam (Pakistan)
bendungan terbesar didunia
Bendungan terbesar di dunia selanjutnya masih berada di negara Pakistan. Bendungan yang dananya berasal dari Bank Dunia ini sengaja dibangun sebagai tanda pembatas perairan Pakistan. Setelah dibangunnya bendungan ini pada tahun 1960 barulah ditanda tangani sebuah perjanjian Indus Water Treaty dengan menyebutkan beberapa sungai sebagai sungai yang berada di negara Pakistan. Selain itu bendungan ini juga mempunyai manfaat bagi masyarakat sekitarnya sebagai sistem pengairan irigasi.
  1. Ataturk Dam (Turki)
bendungan terbesar didunia
Bendungan selanjutnya berada di negara dengan penduduk muslim terbesar di Eropa yaitu Turki. Bendungan yang berada disungai Eufrat. Sungai ini berada di perbatasan Provinsi Adiyaman juga Provinsi Sanliurfa yang berada didaerah Anatolia sebelah Tenggara Turki. Tujuan dibangunnya bendungan ini adalah untuk pembangkit listrik dan sebagai irigasi untuk daerah pertanian yang terletak dikawasan bendungan ini. Pembangunan bendungan ini sendiri dilakukan pada tahun 1983 hingga selesai pada tahun 1990. Sedangkan bendungan ini mulai beroperasi sebagai PLTA pada tahun 1992 yang dikendalikan oleh Badan Hidraulika Negara (DSI). Bendungan yang termasuk bendungan terbesar ketiga di turki ini mempunyai Tinggi 169 m, panjang 1.820 m.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Meaplikasi
admin
May 30, 2017 at 7:38 PM ×

wow kalo reklamasi gimana yaa ?

Reply
avatar
lukman
admin
May 30, 2017 at 9:07 PM ×

bisa jadi masukan mbak untuk artikel selanjutnya

Reply
avatar
Thanks for your comment